Please enable JS

Berita dan Informasi





Part 2. PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK

 

Pada artikel Part 1. dipaparkan bahwa kriteria menjadi guru tidak hanya didasarkan pada kompetensi keahlian yang dimiliki oleh seseorang. lebih jauh dari itu, untuk menjadi guru tidak hanya skill yang dibutuhkan. Moralitas, dedikasi dan empati sangat dibutuhkan untuk mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai seorang guru.

Secara fundamental guru olahraga harus memahami bahwa kemampuan berolahraga yang terampil tidak dengan sendirinya dibawa sejak lahir, manusia secara genetik mungkin bisa lebih kuat, lebih tinggi, atau lebih cepat. Tetapi kualitas fisik tersebut tidak dengan sendirinya menyebabkan orang itu langsung mampu melakukan olahraga dengan terampil. Bagaimanapun kadang-kadang seseorang harus belajar berlatih olahraga dengan giat dan tekun untuk mencapai keberhasilan dalam berolahraga. Dalam banyak kasus seseorang belajar olahraga dari orang yang sering disebut dengan pelatih atau guru pendidikan jasmani. Untuk dapat melakukan olahraga dengan terampil. Tidak jarang diantara mereka membuat suatu program latihan dan melakukannya dengan tekun dan teratur.

Pedagogi Olahraga yang dikemukakan oleh Siedentop (1991) dalam Adang Suherman (2009:2) menerangkan bahwa Pedagogi Olahraga dapat diartikan sebagai kemampuan merekayasa lingkungan dengan terampil sehingga siswa dapat meraih tujuan pembelajarannya. Lain lagi halnya seperti apa yang dikemukakan oleh Rusli Lutan (2008:1) mengemukakan bahwa Pedagodi Olahraga adalah sebuah disiplin ilmu keolahragaan yang berpotensi untuk mengintegrasikan sub disiplin ilmu keolahragaan lainnya untuk melandasi semua praktik dalam bidang keolahragaan yang mengandung maksud dan tujuan untuk mendidik. 

Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan, dan kebijaksanaan. Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

 

......

      ......

Artikel Selanjutnya Part 3.

......

 

 

Penulis: Alvindo Dony Firmansyah*

Editor: Gof**

*Guru PJOK SMK Texmaco Purwasari

**Hubin SMK Texmaco Purwasari

Bagikan


cari

artikel terbaru

berita terbaru